Pada hari Minggu, tanggal 01 Agustus 2021, umat Lingkungan Modernland Hartono Raya – St Alfonsus Maria de Liguori mengadakan Perayaan Ekaristi Pesta Nama St Alfonsus MdL ke- 12 sebagai santo pelindung lingkungan. Perayaan Ekaristi daring dipimpin oleh RP Paulus Willem Ulipi, OSA atau biasa disapa dengan Rm. Jaap.

Lingkungan yang berada di bawah Wilayah Modernland – St Antonius ini mengadakan beberapa agenda acara setelah Perayaan Ekaristi, seperti makan “Nasi Bogana” bersama di rumah masing dan dilakukan dengan “video on” . Hal unik yang dilakukan pengurus untuk bisa merealisasikan makan bersama secara online adalah dengan mempersiapkan Nasi Bogana dan mengirimkan ke masing-masing rumah umat terlebih dahulu sebelum acara dimulai. Hal ini untuk menunjukkan pengurus hadir sebagai pelayan umat.

Sambil makan malam bersama pengurus juga menyapa umat kemudian umat juga saling sapa. Ada beberapa pengalaman hidup umat yang dibagikan untuk mengingatkan dan saling menguatkan antar umat. Banyak pertanyaan seputar vaksin yang ditanyakan kepada dr Sinsanta yang kebetulan adalah satu anggota dari tim Poli Online yang merupakan bagian dari Pusat Pengendalian Covid 19.

Aura kerinduan umat dan pengurus ingin berjumpa secara offline sangat terasa, terlihat dari wajah sukacita dan bahagia umat yang tampak di layar laptop maupun handphone, meskipun diharuskan hanya berjumpa secara online. Pengurus dan umat lingkungan merasa bersyukur  dalam situasi yang penuh tantangan ini, masih dapat bertemu secara online.

Pengurus merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas kehadiran dan sambutan umat yang luar biasa, dan berharap  dapat melaksanakan pertemuan lanjutan bersama umat secara online dalam berbagai acara dan kegiatan lingkungan.  Pertemuan online yang diadakan ternyata dapat memberikan hiburan, sukacita, kebahagiaan, kebersamaan dan persaudaraan iman serta meningkatkan imunitas umat dalam situasi yang penuh tantangan seperti ini. 


Sejarah Lingkungan

Lingkungan Modernland Hartono Raya – St Alfonsus Maria de Liguori memilki 84 KK yang tersebar di perumahan Modernland meliputi sepanjang jalan Hartono Raya, cluster Picardi, Vienna, Monaco, Perancis, Premiere Residence, Premier Golf Residence, The Golf Residence. Lingkungan ini berdiri tahun 2009, dan merupakan pemekaran dari Lingkungan Modernland Mayapada – St Gabriel. Nama lingkungan itu sendiri dipilih sebagai pengingat bahwa St. Alfonsus Maria de Liguori sebagai pengajar Doa Novena Tiga Salam Maria, serta taat berdevosi kepada Sakramen Maha Kudus dan Bunda Maria.

Dalam Perayaan Ekaristi secara daring selama pandemi, Doa Komuni Batin yang sering dibacakan maupun dinyanyikan adalah doa yang dibuat dan disusun oleh St Alfonsus Maria de Liguori.

Leave a Reply

Your email address will not be published.