Kehadiran Allah pada natal sebagai wujud penyertaan dan penuntun dalam hadapi pandemi

Kehadiran Allah pada natal sebagai wujud penyertaan dan penuntun dalam hadapi pandemi

Pastor paroki gereja Hati Santa Maria, Rm. Walterus Teguh Santosa, SJ mengajak umat Paroki Tangerang untuk merefleksikan penyertaan Tuhan dalam pergumulan pada pandemi Covid-19 sebagai pesan Natal dalam ibadah malam Natal di Gereja HSMTB, Tangerang, Kamis (24/12/20).

“Silahkan Anda merefleksikan bagaimana Allah menyertai kita dalam pergumulan, baik keluarga maupun personal,” kata romo Teguh.

Rm. Teguh mengatakan, merefleksikan penyertaan Allah itu signifikan dengan momen perayaan Natal yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Hal itu serupa dengan peristiwa yang dialami dirinya terkait penyertaan Allah dalam pelayaan “Saat tahun 2019 gereja HSMTB telah membangun gua maria dengan sistem knock down, agar proses pemasangan dan bongkar cepat. Tahun 2020, KAJ mengeluarkan aturan agar perayaan di masa Natal berlangsung sederhana, singkat, dan mengikuti protokol kesehatan. Ternyata kita telah membuatnya. Hal ini seperti pengalaman Nabi Nuh yang membuat sesuatu sebelum bencana. Itu bukti penyertaan Tuhan,” ungkapnya.

Rm. Teguh pun juga mengungkapkan, tahun 2019, tim gereja membereskan instalasi jaringan kabel dan sistem cctv di gereja. Alhasil  hal itu bermanfaat pada masa pandemi tahun 2020. “Gereja HSMTB merupakan salah satu gereja yang siap menyelenggarakan misa online. Hal ini tak lepas dari dukungan tim Dewan Paroki Inti (DPI) dan tim Dewan Paroki Harian (DPH) yang berusia milenial sehingga dapat setiap saat hadir di gereja karena memiliki usia dibawah 50 tahun. Itu Bukti nyata Tuhan menyertai kita sebagai gereja. Tak hanya menyertai, Tuhan juga menunjukan jalan,” tandasnya.

Menurut rm. Teguh, dalam masa Natal ini seluruh umat, khususnya umat HSMTB  harus berusaha memaknai Allah menyertai kita atau Imanuel.

“Tuhan itu dengan berbagai cara menyertai dan menunjukan jalan kepada kita dalam menghadapi pergumulan,” tutup Teguh.

(ario)