KITA BHINEKA, KITA INDONESIA

KITA BHINEKA, KITA INDONESIA

Indonesia … Merdekaaa ! Tangerang … Ayoo ! Cipondoh … Bisa !

Pekik kemerdekaan terdengar nyaring diiringi sorak sorai dan tawa para peserta jalan sehat Rumah Doa Agustinus (RDA) Poris Indah. Sejak pukul 05.30 peserta dengan seragam bewarna merah dan topi putih berkumpul di lapangan SD Poris Indah. Para panitia juga tidak kalah heboh dan bersemangat, ada bapak-bapak dengan semangat 45 memindahkan motor-motor peserta agar lebih tertata rapi dan aman, para ibu dengan lemah lembut dan cekatan mempersiapkan konsumsi untuk panitia dan peserta, dan tangan-tangan dingin Orang Muda Katolik (OMK) Rumah Doa Agustinus yang membuat acara di hari itu begitu meriah dan berkesan.

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh Romo Yap Osa, dan dipandu oleh Pak Julius sebagai MC dan Jonathan sebagai perwakilan OMK RDA. Tepat pukul 06.00 para peserta berkumpul di garis start, bunyi terompet dan kibaran bendera menandakan dimulainya jalan sehat sepanjang 3000 M ini. Ada 3 pos yang menjadi tempat perhentian sementara yaitu Giant Poris Indah, Indomaret Sport Club Poris Paradise, Taman Burung Poris Indah, sedangkan garis finish ada di lapangan SD Poris Indah. Perjalanan dari garis start sampai finish membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, tepat pada pukul 07.10 para peserta sudah berkumpul kembali di lapangan.

Tidak hanya jalan sehat, RDA juga menyiapkan hiburan rakyat berupa senam sehat yang dipimpin oleh ibu Heny. Ada juga penampilan dari anak-anak muda SMA Poris Indah, serta Line Dancer yang dibawakan oleh Pak Sapto dan tim. Lalu, penampilan modern dance dari Mogan Dancer yang beranggotakan Bonafasius Mogan Hadinata, Elizabeth Jesslyn Monica, Xavirius Marvell, Sesilia Chiara Gabriel, Patricia Nadine, dan Timothyus Oscar. Sepanjang acara juga dilakukan undian hadiah, dan ditutup dengan pembagian doorprize berupa sepeda yang dimenangkan oleh Ibu Feling dari wilayah Basilius.

Banyak hal menarik yang terjadi sepanjang acara, salah satunya adalah seorang bapak yang menggendong anaknya yang masih bayi untuk mengikuti jalan sehat. Kehadiran ibu-ibu PKK Poris Indah, Camat, Lurah, dan seluruh RW Poris Indah semakin memeriahkan suasana. Bapak Alex Sadon Lurah Cipondoh dalam pidato pembukaan mengatakan “saya sangat senang dengan kegiatan ini karena seluruh elemen masyarakat hadir untuk memeriahkan ulang tahun Rumah Doa Agustinus sekaligus dalam rangka merayakan HUT RI yang ke 74”, beliau berharap acara seperti ini dapat lebih sering dilakukan sehingga kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia semakin terjaga khususnya di wilayah Cipondoh.

Bapak Jhony selaku ketua panitia HUT RDA memiliki harapan khusus untuk Rumah Doa Agustinus yang genap berusia 14 tahun, ia berharap agar kedepannya RDA dapat memiliki dan membangun tempat ibadah yang lebih baik dan semakin nyaman, serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang turut mengundang warga sekitar sehingga umat-umat RDA dapat saling berbaur dengan warga sekitar. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu “Kita Bhineka, Kita Indonesia”, semoga dengan berakhirnya acara HUT ini tali persaudaraan antara sesama anak bangsa semakin kuat dalam bingkai Pancasila, MERDEKA ! (AF)