SEMAKIN BERHIKMAT DI USIA LANJUT

SEMAKIN BERHIKMAT DI USIA LANJUT

Menjadi tua itu pasti, tetapi menjadi bahagia itu pilihan. Memaknai HUT ke-95 Wanita Katolik RI, Cabang Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda pada tanggal 25 Mei lalu membagi-bagikan 250 paket sembako secara gratis kepada penyapu jalan, tukang becak dan petugas kebersihan yang ada di Kota Tangerang, Karawaci, Jalan Raya Mauk dan karyawan gereja. Isi paket berupa 3 Kg beras, 1 Kg gula pasir dan 1 Ltr minyak goreng. Pada Hari Selasa, 9 Juli 2019, pengurus cabang dengan didampingi oleh Romo Vincentius Suryatma, SJ,  mengajak para lansia umum untuk rekreasi ke Taman Mini Indonesia Indah. Kegiatan ini diikuti oleh para senior umum yang ada di lingkungan ranting-ranting, di wilayah cabang HSPMTB. Acara rekreasi kali ini menganjurkan untuk peserta membawa botol minum sendiri dan panitia menyediakan galon air minum untuk isi ulang. Para lansia di ajak untuk peduli lingkungan dan mengurangi sampah plastik. Sebanyak 51 orang oma-oma di ajak bergembira ria mengunjungi salah satu tempat rekreasi yang menjadi favorit yang ada di daerah Jakarta Timur. Pagi-pagi benar pukul 06.00 terlihat para oma sudah pada berdatangan dengan semangat dan wajah yang gembira.

Pukul 07.00 tepat dua bus berangkat membawa rombongan para senior menuju Taman Mini Indonesia Indah. Satu setengah jam perjalanan, sampailah di lokasi, dan langsung menuju anjungan Taman Burung untuk melihat aneka jenis burung yang ada di Indonesia. Selesai mengelilingi area Taman burung, para lansia diajak melanjutkan perjalanan menuju anjungan Wahana Musium Air Tawar untuk melihat berbagai jenis ikan-ikan yang ada di nusantara yang indah ini. Terlihat dari beberapa peserta yang ikut wisata ini begitu sukacita dan takjub melihat semua lokasi yang baru saja dikunjunginya, dan setelah ditanya ternyata memang beberapa lansia ada yang baru pertama kali ke TMII, salah satunya adalah ibu Sarce dari Ranting Cicilia yang sangat berkesan dengan acara rekreasi ini, dan termasuk Romo Suryo sendiri.

Dari anjungan Wahana Air Tawar, para senior diajak untuk beristirahat dan makan siang di tempat yang sangat sejuk penuh pepohonan yang besar-besar dan sangat rindang di Padepokan Pintu Karyawan Taman Burung, dengan menggelar tikar yang sudah disiapkan oleh panitia. Menu makan siang berupa nasi liwet dengan lauk tahu bacem, telur rebus pindang dan ayam suwir serta sayur oseng labu siam. Saat istirahat siang itu juga para lansia yang beragama muslim diberi kesempatan untuk menunaikan ibadahnya sholat Dhuhur di tempat yang sudah disediakan di area tersebut. Sementara para lansia yang lainnya diajak oleh seksi acara untuk bernyanyi dan menari. Sambil menikmati sejuknya istirahat dibawah pohon rindang, panitia membuat sedikit acara permainan ringan dengan berjoget berpasangan sambil menempelkan balon di dahi. Tidak kalah serunya seksi acara membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang telah di lihat di anjungan yang telah dikunjunginya itu. Romo Suryo juga memberikan beberapa pertanyaan mengenai NKRI seperti menanyakan judul-judul lagu kebangsaan Indonesia dan juga lagu-lagu daerah. Antusias yang sangat luar biasa dari para senior menjawab pertanyaan dari seksi acara dan juga dari Romo, karena begitu banyak hadiah-hadiah persembahan dari pengurus yang diberikan untuk para senior yang bisa menjawab pertanyaan. Semua senior terlihat begitu sukacita mengikuti semua acara hari itu. Setelah acara lomba dan permainan selesai, para senior masing-masing di beri bingkisan yang berisi botol minum dan biskuit, lalu diajak naik bus TMII untuk keliling melihat semua anjungan yang ada, dengan di pandu oleh petugas yang memberikan penjelasan mengenai seluruh area yang ada di lokasi wisata TMII ini. Lalu rombongan kembali ke Tangerang. “Hati yang gembira adalah obat yang manjur…(Ams 17 : 22)”, semoga dengan rekreasi ini para senior jadi bertambah sehat dan semangat. (DN)