Kasih Mengalir Tanpa Terhalang Jeruji Besi

01 Panitia bakti sosial pengobatan
Panitia bakti sosial pengobatan

Berbagi adalah suatu hal mulia yang dapat dilakukan oleh siapapun kepada sesamanya tanpa terbatas oleh hal apapun. Sebagai umat seiman sudah selayaknya kita selalu bersatu agar iman dan cinta kasih kita semakin dalam dan berkembang, dengan adanya kebersamaan pun kita semakin mampu saling mengenal dan mengompakkan diri antara satu dengan yang lainnya. Kegiatan bakti sosial pengobatan kali ini tidak hanya berasal dari satu paroki saja, tetapi enam paroki bergabung yaitu Paroki HSPMTB, Paroki St. Monika, Paroki Barnabas, Paroki Laurentius, Paroki San Mare, dan Paroki Matius Penginjil.

Paroki-paroki tersebut melakukan kegiatan bakti sosial pengobatan yang dilakukan di LP Pemuda Kelas 2A, Tangerang. Kami semua mengunjungi LP yang didalamnya terdapat 1952 warga binaan. Kegiatan sosial ini diadakan pada hari Sabtu, 19 September 2015 serta dimulai pada pukul 08.00 .Disini seluruh panitia melakukan tugasnya untuk melakukan kegiatan pengecekan kesehatan, pembagian obat, dan pembagian makanan terhadap warga binaan.

Pos cek tensi darah, pos pemeriksaan kesehatan, dan pos pengambilan obat mulai ramai sejak pukul 09.00. Sebanyak  700 orang warga binaan mendapatkan juluran tangan melalui kegiatan pengobatan ini. Berbagai macam sakit dan penyakit mereka perjuangkan dalam lapas. Ada seorang warga negara asing yang memiliki penyakit cukup parah, berawal dari penyakit lever lalu berkembang menjadi penyakit kanker hati. Hati seolah tersayat melihat keadaannya, namun ia sendiri pun tetap semangat menjalani sisa hidupnya.

Dalam LP Pemuda Kelas 2A ini terdapat tahanan dan narapidana yang ada disini memiliki perbedaan kasus. Mereka yang belum inkrah dan belum selesai melakukan kegiatan persidangan disebut tahanan dan mereka yang sudah ditetapkan dalam kekuatan hukum disebut sebagai narapidana. Keberagaman dan perbedaan memang selalu ada, usia warga binaan disini adalah umur 20 tahun keatas. Disini pun terdapat Tahanan Negara Asing bukan hanya dari Indonesia saja, banyak warga binaan yang berasal dari negara lain seperti Kenya, Nigeria, dan juga China. Sebagian besar dari mereka terlibat dalam kasus perdagangan dan penyeludupan narkotika, biasanya tertangkap di bandara.  (DM)

02 Pos pendaftaran
Pos pendaftaran
03 Pos pengecekkan tensi dan berat badan
Pos pengecekkan tensi dan berat badan
04 Pos pemeriksaan kesehatan
Pos pemeriksaan kesehatan
05 Pos pengambilan obat dan makanan
Pos pengambilan obat dan makanan

Leave a Reply