Teduh Bersama Kemegahan Patung Bunda Maria Terbesar di Dunia

bunda-mariaBunda Maria adalah Bunda umat katolik, oleh karena itu umat katolik tidak hanya berdoa kepada Tuhan Yesus saja, tetapi juga berdoa kepada Bunda Maria sebagai bentuk penghormatan. Bunda Maria juga merupakan pribadi istimewa, karena Maria adalah Bunda Allah dan Bunda Gereja. Bunda Maria dipilih menjadi ibu Tuhan bukan karena jasanya, tetapi karena kehendak dari Tuhan, yang kemudian ditanggapi oleh Bunda Maria dengan ketaatannya. Yang pada saat itu, ia sedang mengandung Tuhan Yesus dan ia tidak merasa malu akan kehamilan itu walaupun ia masih perawan. Sehingga Kristus Sang Penyelamat dapat lahir sebagai manusia di dunia. Teladan ketaatan Bunda Maria, yang membuat rencana Allah terhadap seluruh umat manusia dapat terlaksana. Rencana Allah adalah mengirim utusan yaitu Tuhan Yesus yang tujuannya untuk mengingatkan manusia akan dosa.
Bunda Maria mempunyai peran 3M, yaitu mater advocata artinya Membela umat terlebih yang kecil, lemah, miskin, dan tersingkir. Mater mediate artinya sebagai perantara doa-doa kita kepada Allah. Mater orate artinya Maria sebagai Bunda pendoa yang setia bagi hidup umatnya sehingga, Bunda Maria adalah seorang ag yang istimewa dan patut dihormati.Penghormatan atau devosi yang dilakukan umat katolik, seperti : doa Salam Maria, Rosario, Litani Santa Maria, Novena Kepada Maria, dan doa Malekat Tuhan (Angelus) baik secara pribadi maupun kelompok.
Alternatif penghormatan bunda maria juga bisa dilakukan dengan Ziarah ke Gua Maria. Ketika melakukan ziarah, dapat sekaligus berwisata di sekitar daerah tersebut. Indonesia memiliki beragam Gua Maria, seperti : Gua Maria Sendang Sono, Lawangsih, dan Kuningan yang lokasinya berbeda-beda. Gua Maria bisa digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri karena, suasanya yang hening dan keindahan dari Gua Maria tersebut. Dari semua Gua Maria tersebut, ada salah satu Gua Maria yang terletak di Semarang yang memiliki suatu keunikan. Keunikan yang dimiliki oleh Gua Maria di Semarang, yaitu terdapat Patung Bunda Maria terbesar pertama di Asia Tenggara dan juga ke 3 di dunia, yang merupakan hasil karya pemuda Indonesia. Patung Bunda Maria merupakan suatu karya rohani yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang.
Patung Bunda Maria tersebut dikenal dengan Patung Bunda Maria Assumpta. Assumpta berasal dari Bahasa latin yang artinya perempuan. Patung tersebut, terdapat di Gua Maria Kerep Ambarawa (GMAK), di Semarang. Patung Bunda Maria Assumpta terbentuk pada tanggal 15 Agustus 2014 yang pada saat itu juga diberkati oleh Mgr. Albertus Soegijapranata, S (Uskup Semarang). Pembuatan Patung Bunda Maria Assumpta berawal dari kerinduan umat akan icon GMAK, sehingga umat sekitar ingin agar GMAK memiliki ciri khas yang membuat para peziarah maupun turis asing datang ke GMAK. Patung ini merupakan hasil karya pemuda Indonesia yaitu : R.A. Nugroho Adi Prabowo yang karya seni sudah dikenal sampai internasional. Patung Bunda Maria Assumpta juga dikenal dengan nama patung Bunda Maria Diangkat ke Surga, karena inspirasi bunda maria yang memiliki peran dalam hidup, sehingga membuat umat berkeinginan supaya patung tersebut dapat diberkati pada tanggal 15 Agustus yang merupakan hari raya maria diangkat ke surga.
patung bunda maria di ambarawaPatung Bunda Maria Assumpta memiliki ketinggian 23 meter dengan ketinggian penopang 19 meter yang ditotal menjadi 42 meter. Ukiran dipatung Bunda Maria Assumpta memiliki makna yang sangat berarti. Pada bagian pertama, terdiri dari pancaran mahkota melingkari kepala Maria yang mengandung arti sinar kemuliaan hidup Bunda Maria di Surga yang akan menunjukkan sinar harapan. Sedangkan warna biru pada kerudung Maria, memiliki arti kebijaksanaan Ilah. Warna putih tulang pada jubah Maria, artinya ketidaksempurnaan kita sebagai manusia. Motif batik pada lengan kanan dan jubah bawah berarti batik yang merupakan ciri khas budaya asli Indonesia yang kaya akan seni budaya. Di bagian kedua, yakni tangan yang mengatup di dada berarti mengandung kesetiaan kepada Allah. Pada bagian ketiga, terdiri dari tiga malaikat kecil pada awan di bawah kaki Maria. Artinya, malaikat pelindung senantiasa menjaga dan melindungi umatnya. Sedangkan awan yang menjadi pijakan Maria, memiliki arti Maria yang diangkat ke surga merupakan sumber harapan dan kegembiraan. Lukisan tujuh (sapta) duka Maria, meliputi nubuat Simeon, pengungsian keluarga kudus ke Mesir, Yesus ditemukan di Bait Allah, Maria berjumpa dengan Yesus dalam perjalanan ke Kalvari; Maria berdiri di kaki Salib Yesus, Maria memangku jenazah Yesus, dan Yesus dimakamkan.
Pada bulan mei atau yang disebut sebagai bulan ziarah sangat lah cocok untuk melakukan ziarah ke Gua Maria Kerep (GMAK) sekaligus dapat melihat keindahan patung Bunda Maria Assumpta. Saat melihat keindahan patung Bunda Maria Assumpta, para peziarah pun bisa melihat maupun berdoa di Gua Maria Kerep.Gua Maria ini ada tiga tahapan prosesi ibadah yang harus dilalui, yakni saat pengunjung datang, terlebih dahulu masuk ke Taman Doa, dimana pengunjung dapat mengambil pembelajaran pengorbanan Yesus selama 3 tahun, dimana saat Yesus hanya memiliki 5 buah roti, dia berhadapan dengan 5 ribu orang miskin, dan 5 buah roti tersebut, dengan mukjizat Tuhan, dapat dibagikan kepada 5 ribu orang miskin. Selanjutnya pengunjung harus melintasi stasi Jalan Salib, sebagai bentuk pembelajaran untuk meneladani kesengsaraan Kristus, dan akhir perjalanan, pengunjung langsung dapat melakukan Adovasi, atau melakukan meditasi dan perenungan cipta di depan patung Yesus minimal 1 jam, diharapkan dari prosesi tersebut pengunjung dapat mengembalikan jati diri atau sangkan paraning dumadi menuju manunggaling kawulo gusti. Dan sejak itu makin banyak umat yang datang berjiarah dan mengadakan berbagai kegiatan rohani seperti berdoa jalan salib, mengadakan renungan, ekaristi dan novena. Sementara untuk umat agama lain, sering menggunakan tempat ini sebagai tempat berdoa/meditasi, karena tepat di depan patung Bunda Maria, diyakini setiap orang yang berdoa, akan selalu terkabul, seperti penyakit yang disembuhkan maupun keinginan memiliki keturunan.
Patung Bunda Maria sangat berdampak bagi masyarakat disekitar Gua Kerep. Dengan adanya patung Bunda Maria Assumpta yang terkenal sebagai patung bunda maria tertinggi di dunia membuat pendapatan ekonomi masyarakat bertambah, karena para peziarah yang datang akan membeli souvenir rohani, makanan, maupun minuman yang dijual oleh masyarakat sekitar Gua Maria Kerep. Patung Bunda Maria Assumpta bisa dijadikan, sebagai: sarana pengetahuan, para pelajar maupun anak-anak pun mengetahui bahwa patung Bunda Maria maupun patung Tuhan Yesus tidak hanya terdapat diluar negeri saja tetapi di Indonesia pun ada dan juga bisa dijadikan pembelajaran untuk meneladani kesengsaraan Kristus . Gua Maria Kerep maupun patung Bunda Maria Assumpta pun bisa dijadikan sebagai wisata rohani yaitu : rekoleksi bahkan retret atau pertemuan – pertemuan
Oleh karena itu, Gua Maria sangat lah cocok untuk keluarga, individu, maupun ziarah. Dengah berdoa yang membuat hati maupun pikiran para ziarah pun menjadi tenang sekaligus dapat melihat keindahan maupun kemegahan patung Bunda Maria Assumpta dengan hawa yang sejuk. Dan juga bisa dijadikan sebagai pembelajaran (pendidikan), wisata rohani, sarana pengetahuan yang bermanfaat bagi para peziarah maupun masyarakat sekitar Gua Maria Kerep. Dan Patung Bunda Maria maupun GMAK merupakan cara alternatif untuk mendekatkan diri kepada Tuhan maupun Bunda Maria. Umat katolik pun tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan ziarah ke luar negeri, karena di Indonesia tidak kalah uniknya.

Leave a Reply