Rapat Karya Paroki HSPMTB 2015

Rapat Karya Paroki HSPMTB 2015

Rapat Karya Paroki HSPMTBRapat Karya Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda tahun 2015 kali ini diselenggarakan pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 14-15 November 2015, bertempat di Villa Bukit Pancawati, Bogor.

Peserta Rapat karya sebanyak 63orang, yang terdiri dari unsur DPH, Seksi,dan Koordinator Wilayah. Rapat Karya tahun ini difokuskan pada penyusunan program unggulan paroki sesuai ARDAS KAJ Tahun 2016-2020 yang menitikberatkan pada 5 sasaran prioritas yaitu :

1) Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu.

2) Meningkatkan kualitas pelayan pastoral dan kader awam.

3) Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan.

4) Meningkatkan belarasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran, dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih.

5) Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup.

Dalam Pembukaannya, Romo Wartaya, SJ sebagai Romo Kepala Paroki menjelaskan secara rinci tentang Arah Dasar KAJ 2016-2020. Visi yang disampaikan adalah Gereja Keuskupan Agung Jakarta sebagai persekutuan dan gerakan umat Allah bercita-cita menjadi pembawa sukacita Injili dalam mewujudkan Kerajaan Allah yang Maha Rahim dengan mengamalkan Pancasila demi keselamatan manusia dan keutuhan ciptaan. Romo Wartaya SJ juga mengajak para peserta rakar untuk menyusun dan melaksanakan program karya secara partisipatif, sinergi, tranformatif, dan inklusif dalam melayani umat Allah.

Metode penyampaian program karya (prokar) kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun metode presentasinya tidak lagi per-seksi yang membacakan rencana-rencana  program karya satu tahun kedepan, melainkan dibentuk kelompok-kelompok diskusi yang membahas rencana program-program unggulan yang akan diprioritaskan pada tahun 2016. Pembagian kelompok mengacu kepada setiap sasaran prioritas, dengan demikian dibagi dalam lima kelompok sesuai lima sasaran prioritas.  Sesudah diskusi panjang, maka setiap kelompok mempresentasikan program karya sesuai sasaran prioritas masing-masing. Presentasi dilakukan mulai dari siang sampai dengan malam hari dengan mendengar masukan-masukan dari peserta kelompok lain.

Untuk mencairkan suasana rapat, pak Yusatma mengajak para peserta rakar untuk bermain “Yesus Berkata”. Atraktif, menarik dan penuh canda tawa adalah hal yang dirasakan didalam permainan tersebut.

Pada rakar kali ini, bapak Andi perwakilan dari Bendahara Paroki menjelaskan filosofi dari sistem keuangan terbaru yang akan digunakan paroki dalam melaksanakan tugas mereka. Trust, itulah sistem terbaru dan menjadi andalan oleh team bendahara paroki.

Kegiatan Rapat Karya  ditutup dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Romo Wartaya.SJ. Pada bagian terakhir misa, setiap peserta saling mengucapkan proficiat  satu sama lain.

Semoga program karya  yang telah direncanakan ini dapat berjalan sesuai keinginan dan kiranya semakin mendekatkan seluruh umat paroki Tangerang kepada Tuhan.

Suasana diskusi kelompok
Suasana diskusi kelompok
Presentasi kelompok
Presentasi kelompok
Misa penutupan rakar 2015
Misa penutupan rakar 2015
Games Yesus berkata
Games Yesus berkata
Foto bersama para peserta rakar
Foto bersama para peserta rakar
Foto bersama para peserta rakar 2
Foto bersama para peserta rakar 2

Leave a Reply